Langsung ke konten utama

Tugas 2 Komunikasi Bisnis

Iklan Layanan Masyarakat “Deteksi Dini Kanker Payudara”

Artikel :

YKPI Sosialisasikan Deteksi Dini Kanker Payudara Lewat Iklan Layanan Masyarakat

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI, kanker payudara menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia dengan angka kematian mencapai 21,5 per 100 ribu. Di samping itu, menurut SIRS 2010, di Indonesia kanker payudara menjadi jenis kanker dengan pasien rawat inap dan rawat jalan terbanyak di seluruh rumah sakit di Indonesia dengan jumlah pasien sebanyak 12.014 orang (28,74%).
Meskipun kanker payudara menjadi salah satu penyebab kematian terbesar, namun sebenarnya penyakit ini masih memiliki peluang pasien sembuh hingga mencapai 99% bila dapat terdeteksi sejak dini dan segera mendapatkan penanganan medis. Mirisnya, tidak banyak penderita kanker payudara yang menyadari bahwa dirinya terkena penyakit ini dan baru terdeteksi ketika berada pada stadium lanjut.
Kondisi tersebut menggerakkan Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) untuk menggalakan program penyuluhan dan penanggulangan kanker payudara. Linda Agum Gumelar, Ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia menyampaikan bahwa YKPI dengan visi dan misi untuk memberantas kanker payudara stadium lanjut, YKPI bekerja sama dengan PT Cinema 21 dan RK 23 Pictures meluncurkan iklan layanan masyarakat dengan tema “Saling Jaga, Saling Peduli.”
Pemutaran iklan layanan masyarakat ini juga sebagai salah satu cara untuk menyambut Peringatan Bulan Peduli Kanker Payudara Internasional yang akan berlangsung pada Bulan Oktober. “Kami juga akan ada pemeriksaan gratis melalui Unit Mobil Mammografi YKPI yang akan diadakan di Marunda. Dalam satu tahun kami bisa melakukan 20-25 kali pemeriksaan Mammografi secara gratis di sekitar Jabodetabek” kata Linda Herlinda, Ketua Bidang Dana Yayasan Kanker Payudara Indonesia.
Iklan layanan masyarakat ini akan diputarkan di seluruh bioskop XXI di Indonesia. Dalam waktu satu hari iklan ini akan diputar disesuaikan dengan jumlah show yang ada di bioskop terkait. Harapannya dengan adanya iklan layanan masyarakat ini bisa menumbuhkan kesadaran bagi masyarakat Indonesia untuk dapat melakukan deteksi sedini mungkin untuk kanker payudara.
“Ini merupakan upaya kami untuk mensosialisasikan penyuluhan dini, sosialisasi hidup sehat dan bagaimana menjalankan kehidupan sehat. Sehingga dengan adanya iklan ini bisa menjangkau daerah yang belum kami sosialisasikan. Karena jika melakukan penyuluhan akan menghabiskan dana besar juga. Sedangkan saat ini fokus kami adalah dengan pelaksanaan pemeriksaan melalui unit mobil Mammografi gratis yang dalam satu kali pengoperasian bisa menghabiskan Rp 20-25 juta untuk pemeriksaan 40 orang, "ujar Linda.

Analisis :

Kanker Payudara adalah penyakit mematikan yang menepati urutan kedua setelah Kanker Serviks. Pembuatan ILM ini sangat berpengaruh untuk memberikan informasi yang jelas kepada masyrakat wanita khususnya, agar masyarakat lebih memperhatikan kesehatan dan melakukan pemeriksaan dini agar kanker payudara dapat terdeteksi lebih awal. Media ILM yang dibuat juga disesuaikan dengan target audience yaitu para wanita remaja dan ibu serta mendukung jalannya YPKI untuk penyuluhan mengenai Kanker dan memberikan informasi lebih kepada masyarakat. Perancangan ILM ini bertujuan memberikan pesan penting bahwa kanker payudara dapat disembuhkan dengan deteksi dini dan mengajak masyarakat luas untuk melakukan pemeriksaan dini agar dapat terdeteksi lebih awal.

Sumber : https://swa.co.id/swa/trends/business-research/ykpi-sosialisasikan-deteksi-dini-kanker-payudara-lewat-iklan-layanan-masyarakat


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ETIKA BISNIS ANALISIS SEKTOR LAPANGAN KERJA (PERTAMBANGAN) BERKAITAN DENGAN PELANGGARAN ETIKA BISNIS (STUDI KASUS PADA PT. FREEPORT INDONESIA)

ETIKA BISNIS ANALISIS SEKTOR LAPANGAN KERJA (PERTAMBANGAN) BERKAITAN DENGAN PELANGGARAN ETIKA BISNIS (STUDI KASUS PADA PT. FREEPORT INDONESIA) KELAS 3EA23 KELOMPOK 2 : AHMAD FIKRI IKA SRI RAHAYU ROSMIA RAMAYANTI SENO DWI SYAHPUTRO JURUSAN MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS GUNADARMA 2017 KATA PENGANTAR Puji syukur bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat serta hidayah-Nya terutama nikmat kesempatan dan kesehatan sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas mata kuliah Etika Bisnis yang berjudul “ANALISIS SEKTOR LAPANGAN KERJA (PERTAMBANGAN) BERKAITAN DENGAN PELANGGARAN ETIKA BISNIS (STUDI KASUS PADA PT. FREEPORT INDONESIA)” ini. Kemudian shalawat beserta salam kita sampaikan kepada Nabi besar kita Muhammad SAW yang telah memberikan pedoman hidup yakni Al-Qur’an dan sunnah untuk keselamatan umat di dunia. Makalah ini merupakan salah satu tugas mata kuliah Etika Bisnis di program studi Manajemen, Fakultas Ekonomi di Universitas Gunadarma Depo...

ETIKA BISNIS JENIS PASAR, ETIKA PASAR DALAM PASAR KOMPETITIF, DAN ETIKA DALAM PASAR GLOBAL (STUDI KASUS PADA RM. MIE AYAM BAKSO FAJAR)

ETIKA BISNIS JENIS PASAR, ETIKA PASAR DALAM PASAR KOMPETITIF, DAN ETIKA DALAM PASAR GLOBAL (STUDI KASUS PADA RM. MIE AYAM BAKSO FAJAR) KELAS 3EA23 KELOMPOK 2 : AHMAD FIKRI IKA SRI RAHAYU ROSMIA RAMAYANTI SENO DWI SYAHPUTRO JURUSAN MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS GUNADARMA 2017 BAB I PENDAHULUAN 1.1   LATAR BELAKANG TEORI 1.1.1         PASAR PERSAINGAN SEMPURNA Persaingan sempurna merupakan struktur pasar yang paling ideal, karena dianggap sistem pasar ini adalah struktur pasar yang akan menjamin terwujudnya kegiatan memproduksi barang atau jasa yang tinggi (optimal) efisiensinya. Dalam analisis ekonomi sering dimisalkan bahwa perekonomian merupakan pasar persaingan sempurna. Akan tetapi dalam prakteknya tidaklah mudah untuk menentukan jenis industry yang struktur organisasinya digolongkan kepada persaingan sempurna yang murni, yaitu yang ciri-cirinya sepenuhnya bersamaan dengan dalam teori. Yang adal...

Jenis Kutipan & Contoh

Jenis – Jenis Kutipan 1.       Kutipan Langsung Kutipan Langsung ialah kutipan yang sama persis dengan teks aslinya, tidak boleh ada perubahan. Kalau ada hal yang dinilai salah/meragukan, kita beri tanda (sic!), yang artinya kita sekedar mengutip sesuai dengan aslinya dan tidak bertanggung jawab atas kesalahan itu. Demikian juga kalau kita menyesuaikan ejaan, memberi huruf kapital, garis bawah, atau huruf miring, kita perlu menjelaskan hal tersebut, misalnya huruf miring dari pengutip, ejaan disesuaikan dengan EYD, dll. Bila dalam kutipan terdapat huruf atau kata yang salah lalu dibetulkan oleh pengutip, harus digunakan huruf siku […..]. Cara penulisannya sebagai berikut : a.        Kutipan yang panjangnya kurang dari empat baris dimasukkan kedalam teks, ·          Diketik seperti ketikan teks ·          Diawali dan diakhiri dengan tanda (“)...