Iklan Layanan
Masyarakat “Deteksi Dini Kanker Payudara”
Artikel :
YKPI
Sosialisasikan Deteksi Dini Kanker Payudara Lewat Iklan Layanan Masyarakat
Berdasarkan
data Kementerian Kesehatan RI, kanker payudara menjadi salah satu penyebab
kematian tertinggi di Indonesia dengan angka kematian mencapai 21,5 per 100
ribu. Di samping itu, menurut SIRS 2010, di Indonesia kanker payudara menjadi
jenis kanker dengan pasien rawat inap dan rawat jalan terbanyak di seluruh
rumah sakit di Indonesia dengan jumlah pasien sebanyak 12.014 orang (28,74%).
Meskipun
kanker payudara menjadi salah satu penyebab kematian terbesar, namun sebenarnya
penyakit ini masih memiliki peluang pasien sembuh hingga mencapai 99% bila
dapat terdeteksi sejak dini dan segera mendapatkan penanganan medis. Mirisnya,
tidak banyak penderita kanker payudara yang menyadari bahwa dirinya terkena
penyakit ini dan baru terdeteksi ketika berada pada stadium lanjut.
Kondisi
tersebut menggerakkan Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) untuk
menggalakan program penyuluhan dan penanggulangan kanker payudara. Linda Agum
Gumelar, Ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia menyampaikan bahwa YKPI dengan
visi dan misi untuk memberantas kanker payudara stadium lanjut, YKPI bekerja
sama dengan PT Cinema 21 dan RK 23 Pictures meluncurkan iklan layanan
masyarakat dengan tema “Saling Jaga, Saling Peduli.”
Pemutaran
iklan layanan masyarakat ini juga sebagai salah satu cara untuk menyambut
Peringatan Bulan Peduli Kanker Payudara Internasional yang akan berlangsung
pada Bulan Oktober. “Kami juga akan ada pemeriksaan gratis melalui Unit Mobil
Mammografi YKPI yang akan diadakan di Marunda. Dalam satu tahun kami bisa
melakukan 20-25 kali pemeriksaan Mammografi secara gratis di sekitar
Jabodetabek” kata Linda Herlinda, Ketua Bidang Dana Yayasan Kanker Payudara
Indonesia.
Iklan
layanan masyarakat ini akan diputarkan di seluruh bioskop XXI di Indonesia.
Dalam waktu satu hari iklan ini akan diputar disesuaikan dengan jumlah show
yang ada di bioskop terkait. Harapannya dengan adanya iklan layanan masyarakat
ini bisa menumbuhkan kesadaran bagi masyarakat Indonesia untuk dapat melakukan
deteksi sedini mungkin untuk kanker payudara.
“Ini
merupakan upaya kami untuk mensosialisasikan penyuluhan dini, sosialisasi hidup
sehat dan bagaimana menjalankan kehidupan sehat. Sehingga dengan adanya iklan
ini bisa menjangkau daerah yang belum kami sosialisasikan. Karena jika
melakukan penyuluhan akan menghabiskan dana besar juga. Sedangkan saat ini
fokus kami adalah dengan pelaksanaan pemeriksaan melalui unit mobil Mammografi
gratis yang dalam satu kali pengoperasian bisa menghabiskan Rp 20-25 juta untuk
pemeriksaan 40 orang, "ujar Linda.
Analisis :
Kanker
Payudara adalah penyakit mematikan yang menepati urutan kedua setelah Kanker
Serviks. Pembuatan ILM ini sangat berpengaruh untuk memberikan informasi yang
jelas kepada masyrakat wanita khususnya, agar masyarakat lebih memperhatikan kesehatan
dan melakukan pemeriksaan dini agar kanker payudara dapat terdeteksi lebih awal.
Media ILM yang dibuat juga disesuaikan dengan target audience yaitu para wanita
remaja dan ibu serta mendukung jalannya YPKI untuk penyuluhan mengenai Kanker
dan memberikan informasi lebih kepada masyarakat. Perancangan ILM ini bertujuan
memberikan pesan penting bahwa kanker payudara dapat disembuhkan dengan deteksi
dini dan mengajak masyarakat luas untuk melakukan pemeriksaan dini agar dapat
terdeteksi lebih awal.
Sumber : https://swa.co.id/swa/trends/business-research/ykpi-sosialisasikan-deteksi-dini-kanker-payudara-lewat-iklan-layanan-masyarakat
Komentar
Posting Komentar