Jenis Pasar, Latar Belakang Monopoli dan
Etika dalam Pasar Kompetitif dan Pasar Global
Jenis pasar
yang ingin dijelaskan disini adalah pasar persaingan sempurna, pasar monopoli,
dan pasar oligopoli.
1. Dalam
pasar persaingan sempurna, terdapat banyak penjual dan pembeli dan harga jual
suatu produk ditentukan oleh pasar.
2. Dalam
pasar monopoli, pasar tersebut hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar
dan harga jual ditentukan oleh si penjual. Yang melatarbelakangin terjadinya pasar
monopoli yaitu karena tidak adanya barang pengganti.
3. Dalam
pasar oligopoli, dimana pasar dikuasai oleh beberapa perusahaan besar dan harga
jual dipengaruhi oleh perusahaan.
Etika dalam pasar kompetitif:
Etika
dalam pasar kompetitif adalah pencapaian titik keseimbagan antara penjual dan
pembeli. Yaitu mendorong pertukaran barang secara adil, pengalokasian barang
secara efisien, dan melakukan pertukaran secara bebas tetapi menghargai hak
pembeli dan penjual.
Kompetisi pada pasar ekonomi
global:
Kompetisi
pasar ekonomi global adalah kompetisi yang melibatkan beberapa negara dimana
negara maju berpotensi dan memeliki peluang yang lebih besar dikarenakan negara
maju memiliki teknologi yang lebih canggih, adanya modal yang memadai, dan
masyarakat yang berpendidikan. Alasan-alasan tersebut yang menyebabkan melemahnya
negara-negara berkembang untuk ikut berkompetisi dalam pasar ekonomi global.
Prinsip Etika bisnis dalam Islam dan Barat
Prinsip etika
bisnis dalam islam yaitu harus perpijak pada aturan agama, dimana seorang
pengusaha tidak boleh hanya mementingkan kepentingannya pribadi, namun harus
menjaga hubungan yang baik dengan konsumen dan pelanggan, serta tidak ada unsur
eksploitasi.
Prinsip etika
bisnis barat yaitu berdasarkan pendapat Muslic, behwa etika bisnis memiliki 5
prinsip: otonomi, kejujuran, keadilan, saling menguntungkan, dan integritas
moral.
Komentar
Posting Komentar